Minggu, 11 Oktober 2009

TUGAS RISET PEMASARAN INDIVIDU

RISET PEMASARAN
ANALISIS JURNAL
Penentuan strategi pemasaran berdasarkan perilaku konsumen dengan metode diskriminan (kasus di PT. X, Solo).

1. TEMA
Penentuan strategi pemasaran berdasarkan perilaku konsumen.

2. MASALAH DAN LATAR BELAKANG
Semakin banyaknya perusahaan yang menawarkan produk dan jasa, maka konsumen memiliki pilihan yang semakin banyak pula. Oleh karena itu, perusahaan sebaiknya peranan yang besar dalam menentukan kualitas produk (barang dan jasa) dan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, harapan pelanggan melatarbelakangi mengapa 2 organisasi pada bisnis yang sama dapat dinilai berbeda oleh pelanggannya.

3. RUMUSAN MASALAH
a) Faktor apa yang membedakan (pendiskriminan) perilaku konsumen dalam membeli di PT. X?
b) Konsumen yang mana dan bagaimana yang menjadi pelanggan PT. X?
c) Strategi apa yang digunakan untuk meraih pembeli agar menjadi pelanggan?

4. METODOLOGI
Objek dari penelitian ini adalah PT. X, Solo. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan penentuan sampel, uji validitas, uji reliabilitas dan analisis diskriminan.

HASIL PENELITIAN
Dapat disimpulkan bahwa :
a) Terdapat perbedaan perilaku yang nyata antara konsumen yang sering berbelanja dengan mereka yang jarang berbelanja di PT. X.
b) Variabel yang paling membedakan perilaku kedua kelompok pembeli tersebut adalah variabel harga dan AC.
c) Variabel harga merupakan variabel yang paling membedakan perilaku konsumen ‘sering beli’ atau ‘jarang beli’. Sedangkan variabel AC sebagai pembeda perilaku konsumen berikutnya.
d) sikap konsumen terhadap delapan variabel (lay out, lengkap, music, lampu, pelayanan karyawan, pelayanan kasir, promosi dan image) relative sama, jika kelompok ‘sering beli’ bersikap positif terhadap lay out, maka kelompok ‘jarang beli’ juga bersikap positif, sehingga faktor lay out tidak membuat konsumen berbeda perilaku.
e) Model diskiminan yang ada ternyata valid dan dapat digunakan, karena tingkat ketepatannya 60,7% (750%) dan mempunyai cross validation 60,7%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar