Minggu, 18 Oktober 2009

JURNAL ILMIAH INDIVIDU RISET PEMASARAN.........

PENGUKURAN KEPUASAN ANGGOTA KEMITRAAN
TERHADAP PELAYANAN PT. X PALEMBANG


1. TEMA
Pengukuran kepuasan terhadap suatu pelayanan.
2. PENDAHULUAN
Suatu kegiatan bisnis akan dapat berjalan dengan baik apabila kegiatan itu dapat memberikan keuntungan. Keuntungan dapat diraih kalau proses pemasaran produk dapat dilakukan dengan baik. Banyak hal yang menyebabkan seseorang enggan berusaha dibidang ayam potong, antara lain pengetahuan, modal dan kemampuan yang tidak memadai. Dalam wawancara dengan peternak, banyak hal yang tidak dapat dipenuhi oleh perusahaan tentang harapan mereka, diantaranya bibit ayam yang tidak bagus, harga sarana produksi yang mahal dan waktu penjualan yang lama. Dengan tidak terpenuhinya harapan tersebut, maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah pelayanan terhadap konsumen.
3. RUMUSAN MASALAH
a) seberapa besar kesenjangan antara jasa yang diharapkan dengan jasa yang diberikan oleh perusahaan? b) Apakah faktor-faktor manajemen produksi, kualitas DOC (day old chick), hasil usaha dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan? c) Fakttor-faktor apa yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan anggota kemitraan (pelanggan)?
4. METODE PENELITIAN
Rancangan yang digunakan adalah riset kausal. Variabel yang digunakan adalah variabbel dependen (Y=kepuasan konsumen) dan variabel independen (X1=kualitas pelayanan). Pengukuran variabel dilakukan dengan kuesioner berdasarkan skala likert. Teknik pengambilan sampel dengan cara sensus. Lokasi penelitian dilakukan di PT. X. teknik analisi data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif.
5. ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN
1. Menurut responden, kinerja jasa yang diberikan perusahaan masuh belum baik, hal ini dibuktikan bahwa 69,53% responden menyatakan kinerja jasa yang diberikan perusahaan tidak baik, dan 54,92% responden menyatakan tidak puas atas pelayanan yang diberikan.
2. Kesenjangan antara harapan pelanggan dan kinerja jasa berdasarkan persepsi responden masih terjadi, antaranya kesenjangan kualitas Day Old Chick (-246), hasil usaha (-207), manajemen produksi (-186), dan harga (-137).
3. Variabel kualitas layanan, kualitas Day Old Chick, hasil usaha dan harga secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan responden.
4. Faktor dominan yang mempengaruhi kepuasan responden adalah variabel kualitas layanan dengan beta 0,898 dan signifikan 0,000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar